Senin, 21 Desember 2020

Asli Khaidir Pesankan Tawakkal & Optimis


Tokoh Nasional Sumatera Barat H. Muhammad Asli Khaidir yang telah 2 periode menjadi anggota DPR RI sebelumnya juga 2 periode menjadi anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat, memberikan materi tentang diseminasi pembatalan keberangkatan jemaah haji 1442 H/2020 H di Kota Padang Panjang (Senin, 21/12).

Beliau sejak awal berkecimpung di komisi sosial keagamaan sering bermitra kerja dengan kementerian agama, salah satunya tentang pembangunan asrama haji Tabing Padang & pengembangan asrama haji dengan membangun asrama haji baru yang lebih representatif di Kab. Padang Pariaman. 

Alhamdulillah atas izin Allah berbagai tantangan hambatan dapat dilalui, kita berkomitmen agar asrama haji ini dapat dituntaskan. Dengan melobi provinsi tetangga seperti Bengkulu, Jambi agar bisa bergabung dengan kita dalam embarkasi & debarkasi jamaah haji, perjuangan kita menjadi lebih mudah.

Peningkatan layanan penyelenggaraan haji semakin berkualitas, dapat dilihat dari indeks kepuasan jamaah haji 85,75 %. Mulai dari perencanaan anggaran penyelenggarahan haji, layanan dalam negeri, layanan luar negeri & kepulangan ke tanah air. 

Kebijakan pembatalan keberangkatan ibadah haji telah menjadi keputusan pemerintah Indonesia disebabkan pandemi  covid19, dimana wabah ini juga melanda Arab Saudi sebagai tempat tujuan penyelenggaraan haji. Pemerintah Arab Saudi hanya mengizinkan ibadah haji bagi warga Arab Saudi dan Warga Asing yang muqim  dengan mengurangi jumlah dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. 

Selanjutnya Calon Jamaah Haji Tahun 2020 dijadwalkan pemberangkatannya pada tahun 2021 yang akan datang dengan pembiayaan mencakup BPIH, Nilai Mamfaat/Optimalisasi sehingga rata2 BPIH  perjamaah dari bipih sebesar 35 jutaan (51%) & optimalisasi 33 jutaan (49%).

Untuk tahun 2021 bagaimana penyelenggaraan haji, kita masih menunggu keputusan pemerintah Arab Saudi, dengan tetap melakukan lobi agar ibadah haji dapat dilaksanakan oleh calon haji asal Indonesia.

Untuk itu saya pesan kepada kita semua, khusunya calon jamaah haji agar tetap berdoa, berserah diri kepada Allah & optimis. Semoga wabah ini cepat berlalu dan ibadah haji dapat kembali dilaksanakan dengan normal seperti tahun-tahun sebelumnya.

 

Tidak ada komentar: