Rabu, 25 September 2024

Hadapi Pilkada Serentak 2024, FKUB Padang Panjang Gelar Dialog Antar Tokoh Agama



Hadapi Pilkada Serentak 2024, FKUB Padang Panjang Gelar Dialog Antar Tokoh Agama

Padang Panjang, Rabu, 25 September 2024, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Padang Panjang menggelar dialog antar tokoh agama di Teras Kartini dalam rangka menghadapi Pilkada Serentak 2024. Acara ini secara resmi dibuka oleh Penjabat (PJ) Wali Kota Padang Panjang, Sony Budaya Putra. Dalam sambutannya Sony menyampaikan betapa pentingnya menjaga kerukunan antar umat beragama dalam tahapan Pilkada Serentak 2024 ini dan menyambut baik atas terselenggaranya dialog tokoh lintas agama dan berharap para tokoh lintas agama dapat berkontribusi dalam terciptanya pilkada damai, aman dan penuh rasa badunsanak. Kegiatan ini diikuti oleh 40 Tokoh Lintas Agama berasal  dari pengurus FKUB, Perwakilan Penganut Agama, Ormas, Pondok Pesantren, Penyuluh Agama dan ASN. Bertindak sebagai moderator Wahyu Salim Koordinator Bidang Penyuluhan Kerukunan FKUB Kota Padang Panjang.

Dialog ini menghadirkan beberapa pembicara, di antaranya:

Wakapolres Padang Panjang dengan tema "Pencegahan Konflik Horizontal dalam Menghadapi Pilkada Serentak 2024".

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kota Padang Panjang, H. Mukhlis, M, dengan tema "Moderasi Beragama untuk Pencegahan Konflik Beragama".

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) I Putu Venda, yang mengusung tema "Peran Pemerintah Daerah dalam Pemilihan Serentak Nasional 2024".

Ketua FKUB Kota Padang Panjang yang membawakan tema "Peran FKUB dalam Pencegahan Konflik Beragama".

Setelah presentasi para pembicara, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang interaktif. Para peserta berdiskusi tentang langkah-langkah konkret dalam menjaga kerukunan, ketertiban, dan keharmonisan di tengah masyarakat selama proses Pilkada berlangsung. 

Dialog ini juga menghasilkan kebulatan tekad dari semua pihak untuk bersama-sama menjaga stabilitas daerah agar Pilkada Serentak 2024 dapat berlangsung dengan aman, damai, dan menghasilkan pemimpin terbaik bagi seluruh lapisan masyarakat.

Acara ini ditutup secara resmi oleh Kakankemenag Kota Padang Panjang, H. Mukhlis, M. dan dilanjutkan dengan sesi poto bersama

Tidak ada komentar: