Rabu, 09 Maret 2016

Ini Hasil Pantauan Gerhana Matahari di Bosscha

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Bilal Ramadhan
Republika/Edi yusuf
Penampakan Gerhana matahari total dilihat di Observatorium Bosscha, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Rabu (9/3).
Penampakan Gerhana matahari total dilihat di Observatorium Bosscha, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Rabu (9/3).
REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG BARAT -- Pengamatan Gerhana Matahari Parsial atau sebagian di Observatorium Bosscha berlangsung dengan kondisi cuaca yang cerah.
Peneliti Observatorium Bosscha Evan Irawan Akbar menuturkan kondisi cuaca cerah di langit Bandung membuat para peneliti Bosscha bisa melihat secara langsung fenomena gerhana matahari yang memang parsial jika diamati dari Bandung dan sekitarnya.
"Iya, kita didukung cuaca yang cerah, jadi bisa lihat langsung meski hanya sebagian," tutur dia, Rabu (9/3).
Kendati demikian, Evan mengakui, cuaca tadi pagi memang sempat berawan sehingga ada kekhawatiran gerhana tidak bisa terlihat dengan baik. Namun, ternyata langit menunjukan kecerahannya sehingga proses pengamatan gerhana pun berlangsung dengan memuaskan.
"Kita dapat momen terbaik dari gerhana ini," ujar dia.
Lanjut Evan, Bosscha telah menyediakan tiga teleskop reflector dan 100 kacamatan matahari untuk digunakan oleh pengunjung Bosscha. Kacamata tersebut dipinjamkan kepada pengunjung.
Tak hanya itu, sejak 27 Februari lalu yakni hari di mana launching perangko gerhana matahari, Bosscha juga menyediakan 400 kacamata untuk dijual di Toko Souvenir Bosscha. Hasilnya semua kacamata ini habis terjual.

Tidak ada komentar: