Kamis, 25 Juni 2020

Taushiyyah1: MENGAMBIL HIKMAH DARI WABAH COVID19


Assalamu’alaikum Wr. Wb.,

Muqaddimah

Hadirin para pemirsa  yang berbahagia,

Kita sadar  bahwa kita berada pada suasana menghadapi  wabah covid19  yang melanda seluruh dunia pada banyak negara, termasuk negara kita Indonesia bahkan telah sampai pula ke daerah kita, untuk itu kita perlu lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan totalitas dan merasakan betapa lemahnya  dan tidak berdaya kita dihadapan Allah SWT menghadapi ujian hidup ini. Hanya makhluk ciptaan Allah yang sangat kecil dan tak terlihat bernama covid19 tapi sangat berdampak pada keselamatan jiwa, bahkan  juga berdampak secara ekonomi dan sosial.  Allah SWT berfirmanQS.2:156; (Yaitu) orang-orang yang apabila menimpa kepada mereka suatu musibah, mereka berkata: Sesungguhnya kita ini dari Allah, dan sesungguhnya kepadaNyalah kita semua akan kembali.
 Oleh karena itu, ujian ini haruslah kita terima sebagai ujian keimanan yang membuat kita semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT dan berusaha, berikhtiar dan berdoa agar kita, keluarga kita, masyarakat kita, kampung, daerah  kita diselamatkan Allah SWT.

Pertama adalah Ikhtiar Syar’i, yaitu mematuhi aturan protocol kesehatan dengan cara keluar rumah beraktifitas di luar memakai masker, sering cuci tangan dan menjaga jarak atau physical distancing.
Sebagai seorang muslim sebenarnya kita sudah diajarkan agar menjaga dan menyempurnakan wudhuk kita sehingga anggota tubuh kita selalu dalam keadaan bersih dan bebas dari berbagai penyakit, bakteri maupun virus.

Kedua adalah Ikhtiar Ilahi, yaitu memperbanyak istighfar memohon ampun kepada Allah, menjaga ibadah-ibadah kita dan bermunajat dihadapan Allah seraya berdo’a agar selalu berada dalam perlindungan dan pertolongan Allah Sang Maha Kuasa.

Demikian taushiyyah singkat kita kali ini Semoga Allah menyelamatkan kita semua dan mengangkat derajat kita di dunia lebih-lebih lagi derajat tertinggi di akhirat kelak. Aamiin Ya Rabbal’alamin

Wabillahitaufiq walhidayah…
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.,

Tidak ada komentar: