Jumat, 26 Juni 2020

Taushiyyah2: Menjadi Mukmin Tangguh di Masa Wabah

Assalamu'alaikum Wr., Wb.,

Muqaddimah


Hadirin walhadirat yang berbahagia,


Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Anfal (6): 2


"Sesungguhnya orang-orang yang beriman ialah mereka yang bila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya bertambahlah iman mereka (karenanya), dan hanya kepada Tuhanlah mereka bertawakkal."


Dalam konteks menghadapi wabah covid19 ini, maka mukmin sejati ataupun mukmin yang tangguh haruslah memenuhi kriteria:


1. Memiliki Perasaan Takut; yaitu perasaan takut yang muncul disaat dikatakan kepada mereka bahwa Allah SWT sebagai Khalik (Maha Pencipta) yang telah menjadikan sebuah makhluk ciptaan yang diberi nama oleh manusia covid19 sekalipun bentuknya sangat kecil dan tidak tampak tapi berdampak kepada keselamatan jiwa dan keberlangsungan hidup seseorang. Perasaan takut ini mendorong hati dan tubuh jasadiyah kita untuk men-tha'ati Allah SWT dalam seluruh aspek kehidupan.


2. Ziyadah Imaniyah; Efek berikutnya apabila dihadapkan dan dikemukakan kepada orang mukmin ini ayat-ayat Allah SWT baik ayat-ayat Qauliyyah maupun ayat-ayat Kauniyyah dikaji (tafakkuri) direnungkan (Tazakkuri), maka akan menambah keimanan dan keyakinannya kepada Allah SWT dan betapa lemah dan tak berdayanya manusia dihadapan Allah.


3. Tawakkal; Menyerahkan diri sepenuhnya segala urusan kepada kehendak dan pilihan Allah dalam meraih kebaikan dan menghindari diri dari keburukan setelah berbagai ikhtiar syari'i dan ikhtiar ilahi dilakukan.

Kita sudah patuhi protokol kesehatan dengan disiplin dan juga kita telah lakukan berbagai istighfar, munajat dan do'a kita; semuanya kita kembalikan kepada kehendak, pilihan dan putusan Allah SWT yang Maha Adil, Pengasih dan Penyayang.

Dengan demikian kita bisa menjadi mukmin tangguh yang mampu menghadapi berbagai ujian, cobaan dan musibah serta dalam kondisi bagaimanapun juga. Semoga Allah mernjagfa dan melindungi kita semua. Amiiin Ya Rabbal'alamiin.


Terimakasih banyak maaf

Wabillahi taufik walhidayah....

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.,





Tidak ada komentar: