Sabtu, 14 Oktober 2023

Khutbah Jum'at: Do'a Untuk Palestina

Khutbah Jum'at di Masjid Nurul Islam Ekor Lubuk
Jum'at, 13 Oktober 2023


Assalamu'alaikum Wr. Wb.,

Muqaddimah

Kaum Muslimin Jamaah Jum'at Rahimakumullah

Saat ini kita dikejutkan oleh perlakuan tidak manusiawi dari penjajah zionis israil kepada rakyat palestina dengan serangan besar-besaran tanpa mempedulikan korban anak-anak, wanita dan orang tua. Hampir seluruh infrastruktur lumpuh, pasokan listrik, air bersih, logistik makanan diblokade dari berbagai penjuru. Seolah-olah saat ini ghaza menjadi kota mati.

Kita selaku umat Islam Indonesia merasa renyuh, sedih bercampur marah, saudara kita sesama muslim dibantai, tanahnya dirampas, rumah-rumahnya dihancurkan, tapi dunia seperti diam tanpa bisa melakukan apa-apa, kitapun merasa tak punya kekuatan apa-apa untuk membantu mereka.

Alllah SWT berfirman dalam QS. Al-Hujurat (49) ayat 10:

اِنَّمَا الْمُؤْمِنُوْنَ اِخْوَةٌ فَاَصْلِحُوْا بَيْنَ اَخَوَيْكُمْ  وَاتَّقُوا اللّٰهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُوْنَ ࣖ

Sesungguhnya orang-orang mukmin itu bersaudara, karena itu damaikanlah kedua saudaramu (yang bertikai) dan bertakwalah kepada Allah agar kamu dirahmati.

Dalam ayat ini, Allah menerangkan bahwa sesungguhnya orang-orang mukmin semuanya bersaudara seperti hubungan persaudaraan antara nasab, karena sama-sama menganut unsur keimanan yang sama dan kekal dalam surga. Dalam sebuah hadis sahih diriwayatkan:

اَلْمُسْلِمُ أَخُو الْمُسْلِمِ لاَ يَظْلِمُهُ وَلاَ يَسْلِمُهُ وَمَنْ كَانَ فِيْ حَاجَةِ أَخِيْهِ كَانَ اللهُ فِيْ حَاجَتِهِ وَمَنْ فَرَّجَ عَنْ مُسْلِمٍ كُرْبَةً فَرَّجَ اللهُ عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرُبَاتِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ وَمَنْ سَتَرَ مُسْلِمًا سَتَرَهُ اللهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ. (رواه البخاري عن عبد الله بن عمر)  

Muslim itu adalah saudara muslim yang lain, jangan berbuat aniaya dan jangan membiarkannya melakukan aniaya. Orang yang membantu kebutuhan saudaranya, maka Allah membantu kebutuhannya. Orang yang melonggarkan satu kesulitan dari seorang muslim, maka Allah melonggarkan satu kesulitan di antara kesulitan-kesuliannya pada hari Kiamat. Orang yang menutupi aib saudaranya, maka Allah akan menutupi kekurangannya pada hari Kiamat. (Riwayat al-Bukhārī dari ‘Abdullāh bin ‘Umar) 

Pada hadis sahih yang lain dinyatakan:

اِذاَ دَعَا الْمُسْلِمُ لِأَخِيْهِ بِظَهْرِ الْغَيْبِ قَالَ الْمَلَكُ: اٰمِيْنَ وَلَكَ بِمِثْلِهِ. (رواه مسلم عن أبي الدرداء)

Apabila seorang muslim mendoakan saudaranya yang gaib, maka malaikat berkata, “Amin, dan semoga kamu pun mendapat seperti itu.” (Riwayat Muslim dari Abū ad-Dardā')

Karena persaudaraan itu mendorong ke arah perdamaian, maka Allah menganjurkan agar terus diusahakan di antara saudara seagama seperti perdamaian di antara saudara seketurunan, supaya mereka tetap memelihara ketakwaan kepada Allah. Mudah-mudahan mereka memperoleh rahmat dan ampunan Allah sebagai balasan terhadap usaha-usaha perdamaian dan ketakwaan mereka. Dari ayat tersebut dapat dipahami perlu adanya kekuatan sebagai penengah untuk mendamaikan pihak-pihak yang bertikai. Sehingga penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, perdamaian dunia harus dapat diwujudkan.

Ma'asysyiral muslimin jamaah jum'at rahimakumullah

Al-Qur'an surah Al-Baqarah ayat 120

وَلَنْ تَرْضٰى عَنْكَ الْيَهُوْدُ وَلَا النَّصٰرٰى حَتّٰى تَتَّبِعَ مِلَّتَهُمْ ۗ قُلْ اِنَّ هُدَى اللّٰهِ هُوَ الْهُدٰى ۗ وَلَىِٕنِ اتَّبَعْتَ اَهْوَاۤءَهُمْ بَعْدَ الَّذِيْ جَاۤءَكَ مِنَ الْعِلْمِ ۙ مَا لَكَ مِنَ اللّٰهِ مِنْ وَّلِيٍّ وَّلَا نَصِيْرٍ

Orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak akan pernah rela kepadamu (Nabi Muhammad) sehingga engkau mengikuti agama mereka. Katakanlah, “Sesungguhnya petunjuk Allah itulah petunjuk (yang sebenarnya).” Sungguh, jika engkau mengikuti hawa nafsu mereka setelah ilmu (kebenaran) sampai kepadamu, tidak ada bagimu pelindung dan penolong dari (azab) Allah.

Ayat ini menyatakan keinginan Ahli Kitab yang sebenarnya sehingga mereka melakukan tindakan-tindakan terhadap orang-orang yang beribadah di masjid Allah, merobohkan masjid, menyekutukan Allah, dan mengingkari seruan Nabi Muhammad saw, Nabi terakhir. Mereka tidak akan berhenti melakukan tindakan itu sebelum Nabi Muhammad saw dan pengikutnya menganut agama yang mereka anut, yaitu agama yang berasal dari agama-agama yang dibawa para nabi yang terdahulu, tetapi ajaran-ajarannya sudah banyak diubah-ubah oleh mereka. Karena itu hendaklah kaum Muslimin waspada terhadap sikap Ahli Kitab, janganlah ragu-ragu mengikuti petunjuk Allah yang diturunkan kepada nabi-nabi-Nya, bukan petunjuk yang berasal dari keinginan dan hawa nafsu manusia, terutama keinginan dan hawa nafsu orang-orang Yahudi dan Nasrani.

Orang Yahudi dan Nasrani melakukan tindakan-tindakan itu setelah pengetahuan datang pada mereka tentang agama yang diridai Allah dan ajaran-ajaran agama Islam. Secara lahiriah, ayat ini langsung ditujukan kepada Nabi Muhammad saw, berupa peringatan yang keras seandainya Nabi saw, mengikuti kemauan mereka padahal Nabi telah dijamin terpelihara dari perbuatan-perbuatan yang dilarang Allah. Di dalam Al-Qur’an banyak terdapat ayat yang seperti itu yang lahirnya ditujukan kepada Nabi, tetapi yang dimaksud ialah umat Muhammad saw. Allah memperingatkan dengan ayat ini agar kaum Muslimin berhati-hati terhadap sikap Ahli Kitab kepada Agama Islam dan kaum Muslimin.

Oleh karena itu, kita tidak boleh tinggal diam, apa yang bisa kita bantu, kita bantu rakyat palestina karena mereka telah mewakili kita dalam menjaga kehormatan masjidil aqsha, masjid suci ketiga umat Islam, tempat nabi Muhammad SAW transit melakukan mi'raj.

Pertama yang bisa kita lakukan adalah memperbanyak do'a agar Allah SWT melindungi dan membantu rakyat palestina menjaga hak-haknya dan kehormatan masjidil aqsha. Majelis Ulama sudah memberikah maklumat dan taushiyyah agar dilaksanakan qunut nazilah pada sholat jum'at, shalat fardhu atau shalat sunnah. Kita do'akan di waktu-waktu mustajab, saat berbuka, dalam tahajjud, di antara azan dan iqamah dan di setiap do'a-do'a yang kita munajatkan kepada Allah SWT.

Kedua, kita bantu dengan harta yang kita miliki, saat ini sudah ada lembaga-lembaga kemanusiaan yang sudah teruji melakukan aksi-aksui kemanusiaan seperti e-merc, kasih palestina, KNRP, Dompet Dhu'afa dsb; Hal ini dilakukan agar bantuan-bantuan kemanusiaan segera dapat diberikan, terutama makanan, alat-alat kesehatan dan obat-obatan, tenaga medis dan bantuan lain untuk mengembalikan kehidupan masyarakat palestina. Kita siapkan dana kita, transferlah melalui mobile bangking kita masing-masing ke rekening lembaga-lembaga tersebut, insya Allah akan menjadi bukti dan saksi keberpihakan kita kepada kebenaran dan rakyat palestina.

Semoga kita termasuk orang yang dipilih oleh Allah SWT memiliki kesadaran iman sehingga kita mampu memberikan pertolongan, bantuan untuk saudara-saudara kita di Palestina dan belahan dunia manapun berada. 

Fa'tabiruu ya ulil albab la'allakum turhamuun....


 

Tidak ada komentar: