Selasa, 18 Agustus 2020

Rapat Dinas: Madrasah Hebat Bermartabat Indonesia Maju Terhormat

Kementerian Agama kota Padang Panjang menggelar Rapat Dinas (Selasa, 18/8) bertempat di Aula Ikhlas Beramal; Kasi Pendidikan Madrasah Wahyu Salim dalam rapat dinas tersebut menyampaikan presentasi dengan tema "Madrasah Hebat Bermartabat Indonesia Maju Terhormat". Wahyu Salim memulai paparannya dari Visi dan Misi Kementerian Agama hasil dari memaknai Visi dan Misi Presiden dan Wakil Presiden RI sesuai PMA No. 18 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis 2020-2014 yang berbunyi:

"Kementerian Agama yang Profesional dan Andal dalam Membangun Masyarakat yang Sholeh, Moderat, Cerdas, dan Unggul untuk Mewujudkan Indonesia Maju yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian berdasarkan Gotong Royong"

Ada 2 Misi dari 5 Misi Kementerian Agama sebagai representatif dari keberpihakan kepada dunia pendidikan:

Misi 4: Meningkatkan Layanan Pendidikan yang Merata dan Bermutu.

Misi 5: Meningkatkan Produktifitas dan Daya Saing Pendidikan.

Untuk mewujudkan hal tersebut Direktorat Jenderal Pendidikan Islam memiliki visi kerja sbb:

"Terwujudnya Pendidikan Islam yang Unggul, Moderat, dan menjadi Rujukan Dunia dalam Integrasi Agama, Pengetahuan dan Tekhnologi".

Selanjutnya Kasi Penmad yang baru menduduki jabatan lebih kurang 4 bulan ini menjelaskan tentang Struktur Dirjen Pendis, Bidang Penmad dan Seksi Pendidikan Madrasah sesuai dengan Nomenklatur baru pada PMA No. 19 Tahun 2019 tentang Instansi Vertikal Kementerian Agama dan TUPOKSI seksi Pendidkan Madrasah sbb:

1. Bimbingan Tekhnis

2. Pengelolaan Data dan Informasi

3. Penyusunan Rencana dan Pelaporan di bidang Pendidikan RA, MI dan MTs.

Adapun Program dan Kegiatan yang sudah dilaksanakan sbb:

1. Rapat Koordinasi Pendidikan Madrasah dengan Topik Bahasan Sosialisasi PBM pada Masa Wabah Covid19, PBM pada Pesantren dan Madrasah Boarding School dan Pembinaan Guru PNS yang menambah Jampel pada Madrasah Swasta.

2. Realisasi Pencairan TPG, TFG, GBPNS dan TUKIN.

3. Kegiatan Lintas Sektoral dengan Instansi terkait termasuk mewakili Kakankemenag pada Rapat di Balaikota.

4. Visitasi Lapangan ke Jajaran Madrasah.

5. Rapat Koordinasi Bidang Pendidikan Madrasah se-Sumatera Barat & Rapat virtual melalui Zoom Meeting ttg Akreditasi SM dan BAN PAUD NF dan Jajaran Madrasah.

6. Secara Instens meneruskan regulasi, kebijakan, Surat-surat dinas yang harus segera ditindaklanjuti madrasah dari Kanwil.

7. Verval Simpatika, EMIS dan PIP.

8. Penilaian Kinerja Kepala Madrasah.

9. PIGPM.

10. Renstra Madrasah batas Launching Oktober 2020.

11. Program Unggulan Madrasah a.l Tahfidz dan 10 Lulusan Terbaik MTsN masuk MAN.

12. Dll.

Aspek SDM seksi  Pendidikan Madrasah tidak lupa disinggung  dan diberi apresiasi yang telah melebihi ekspektasi harapan dan tuntutan tupoksi dengan harapan SDM ini dapat dikembangkan dan dilakukan reposisi sesuai tuntutan tugas yang terdapat pada PMA No. 12 Tahun 2018 tentang Nomenklatur Jabatan Pelaksana pada Kementerian Agama.

Presentasi ini ditutup dengan permasalahan anggaran yang terbatas dengan harapan pada tahun berikutnya ada peningkatan alokasi anggaran sehingga pelaksanaan tugas dan target sasaran dapat dilakukan secara maksimal.

Pada rangkaian kegiatan Rapat Dinas ini diberikan Penghargaan bagi Satuan Kerja Serapan Anggaran Terbaik dimana satker pendis meraih terbaik II (dua).

Tidak ada komentar: