Kamis, 27 Agustus 2020

RAKORNAS KPAI



Kementerian Agama Kota Padang Panjang ikut berpartisipasi pada Rapat Koordinasi Nasional yang diselenggarakan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) melalui zoom meeting. Rakor ini bertemakan "Hasil Pengawasan Kesiapan Adabtasi Kebiasaan Baru di Sekolah/Madrasah" diikuti oleh jajaran kementerian Pendidikan dan Kementerian Agama dari Pusat sampai Daerah. Kakankemenag  Gusman Piliang memandang Rakor ini penting langsung menugaskan  3 Kepala Seksi; Kasi PAIS H. Suarman, Kasi Pd. Pontren Editiawarman & Kasi Pendidikan Madrasah Wahyu Salim mengikuti Rakor  secara bersama-sama agar bisa diteruskan hasilnya nanti ke jajaran seksi masing-masing sekaligus untuk mewakili Kakankemenag pada waktu bersamaan mengikuti Launching Bimbingan Manasik Haji Sepanjang Tahun di Islamic Center.

3 Serangkai dalam rumpun Satuan Kerja Pendidikan Islam ini tampak kompak dan serius mengikuti Rakor dari awal sampai ditutup oleh komisioner KPAI Ibu Retno L; Materi tentang Persiapan dan Adabtasi Kebiasaan Baru pada Sekolah dan Hasil survei dan Pengawasan KPAI Persiapan Buka Sekolah, Adabtasi Kebiasaan Baru di Satuan Pendidikan disampaikan narasumber dan ditutup dengan penyampaian rekomendasi resmi dari KPAI yang meliputi:

1. KPAI Mendorong Dinas-dinas Pendidikan memberikan Panduan dan Pendanaan untuk Penyiapan buka sekolah.

2. KPAI mendorong para orang tua yang tergabung dalam Komite Sekolah untuk ikut mengawasi penyiapan infrastruktur buka sekolah.

3. Jika Pemerintah Daerah membuka sekolah, KPAI mendorong dilakukan PCR (swab) bukan rapid test.

4. KPAI mendorong pembukaan sekolah harus berdasarkan adabtasi baru.

5. Bagi SMK yang melakukan praktik laboratorium maupun bengkel ; KPAI mendorong pemerintah daerah dan pemerintah pusat memastikan kesiapan secara total. Kalau belumsiap, tunda buka sekolah meski hanya praktik.

Tidak ada komentar: