Senin, 10 Agustus 2020

PEMBINAAN TENAGA PENDIDIK JAJARAN KEMENAG PADANG PANJANG

Kementerian Agama Kota Padang Panjang (Senin, 10/8) memberikan pembinaan kepada Guru-guru PNS yang menambah jam pelajaran pada madrasah swasta yang diselenggarakan oleh masyarakat. Kegiatan ini diikuti oleh 24 guru PNS dan 2 Pengawas Madrasah. Wahyu Salim selaku Kasi Penmad dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan pembinaan ini didasari oleh hasil evaluasi dari kinerja guru yang perlu ditingkatkan apalagi pada suasana wabah covid19 dimana tantangan profesi guru semakin berat seperti penggunaan IT dan pembuatan media pembelajan berbasis digital sehingga guru PNS ini bisa memberikan kontribusi dan penguatan lembaga kementerian agama dan lembaga pendidikan tempat mereka menambah jam pelajaran dan dirasakan kehadiran guru-guru PNS sangat berharga.  

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang panjang Gusman Piliang dalam arahannya menyampaikan pesan agar guru PNS tidak henti-hentinya meningkatkan kualitas diri dan kinerja dan mampu bersinergi dengan lembaga pendidikan tempatnya mengabdi sehingga tidak terjadi pengembalian guru PNS dari yayasan kepada Kementerian Agama. Pengembalian itu wujud dari penilaian bahwa kompetensi guru PNS berada dibawah harapan yang diinginkan. Untuk itu guru PNS apalagi yang telah bersertifikasi profesi tidak puas dengan sertifikat profesi itu sehingga membuat diri merasa cukup dan tidak ingin mengambangkan diri. Kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesi perlu diasah, diasuh dan dikembangkan apalagi pada saat tantangan dunia pendidikan semakin berat pada masa wabah covid19 ini dan tuntutan pengunaan teknologi informasi pada media-media pembelajaran berbasis elektronik. 
Tunjangan sertifikasi dan tunjangan kinerja yang diterima seyogyanya menjadi pemicu peningkatan kinerja guru apalagi sistem informasi dirancang secara elektronik seperti simpatika, emis, e-learning, e-SKP, e-PAK dsb.
 

Tidak ada komentar: