Senin, 12 Februari 2024

ISRA' MI'RAJ: MENEMBUS BATAS KEMAMPUAN ROHANI


TABLIGH AKBAR ISRA' MIRAJ NABI MUHAMMAD SAW

DI MUSHALLA AMANAH GUMALA

SENIN, 12 FEBRUARI 2024


Assalamu'alaikum Wr. Wb.,

Muqaddimah

Puji Syukur

Shalawat

Pengertian Isra' & Mi'raj; Isra' berasal dari kata asra, yusri, isra' (tambahan 1 huruf, tsulasi mazid biharfin) yang berarti memperjalankan; mi'raj isim alat dari 'araja yang berarti alat untuk naik berarti kendaraan; tangga (dipahami kendaraan itu bernama buraq). Sama timbangannya dengan miqtha' dari lafadz qatha'a yang berarti alat untuk memotong; gunting. Isra' wal mi'raj 2 bagian perjalanan Nabi Muhammad SAW dalam satu malam,bagian pertama dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha; bagian kedua dari Masjidil Aqsha ke Sidratul Muntaha.

3 Hal yang melatar belakangi Isra' Mi'raj:

1. Boikot keras terintegrasi, baik ekonomi, sosial politik.

2. Kematian sang pembela dakwah; yaitu paman Nabi, Abu Thalib

3. Kematian istri nabi, Khadijah binti Khuwailid.

Persiapan Isra' Mi'raj: Dada Nabi dibelah (operasi) hatinya dicuci dengan air zam-zam oleh 3 Malaikat krn hati yang sucilah yang bisa datang menghdap/bertemu dengan Allah SWT. (Tazkiyyatun Nafsi) >  HR. Imam Bukhari

Tujuan Isra' Mi'raj bagi Nabi:

1. Menguatkan hati Nabi untuk terus berdakwah menyampaikan risalah Islam.

2. Menghibur hati Nabi dalam menghadapi tahun duka cita ('amul huzni).

3. Bukti kenabian Nabi Muhammad SAW benar-benar utusan Allah SWT.

Dasar QS. Al-Isra' (17) ayat 1

سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ
Artinya: Maha Suci (Allah) yang telah memperjalankan hamba-Nya (Nabi Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidilaqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya425) agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar lagi Maha Melihat. (Al-Isrā' [17]:1)

Dari ayat ini dapat kita beberapa poin penting:
1. Isra' Mi'raj adalah peristiwa luar biasa dari isyarat lafadz Subhana (masak perjalanan begitu jauh dapat dilakukan hanya beberapa saat, hanya sebagian dari malam hari). di luar nalar & rasionalitas kebanyakan orang saat itu dari kalangan orang kafir, musyrik, munafiq memandang isra' mi'raj adalah Hoaxs paling heboh, berita paling viral (top news) seantero arab atau dunia saat itu, sampai dikatakan nabi gila, tukang ota, menghayal dsb.

Jika dengan mobil menempuh jarak, 16-18 jam rute 1 lewat pelestina 16 jam 52 mnt, rute 2 pesesir laut merah - yordan 17 jam 49 menit, rute 3 mekkah madinah- yordania 18 jam 12 menit); jalan kaki 1 bulan.
2. Ujian keimanan kepada Allah & Rasul (Allah subjek & Nabi sebagai objek > sikap kita harus sama dengan sikap yang diambil oleh Abu Bakar Shiddiq; benar & membenarkan kebenaran; dalam artian membiasakan kebenaran, bukan membenarkan kebiasaan.
3. Masjid ke Masjid sebagai poros kegiatan umat > QS. At-Taubah (9) ayat 18. Sholat sunat 2 rakaat, lalu Nabi ditawarkan minum anggur atau susu, Nabi memilih minum susu.
4. Mi'raj: Menjemput kewajiban Sholat > HR. Imam Muslim
    Langit pertama > Nabi Adam AS
    Langit kedua    > Nabi Isa AS & Nabi Yahya AS
    Langit ketiga    > Nabi Yusuf AS
    Langit Keempat  > Nabi Idris AS
    Langit Kelima    > Nabi Harun AS
    Langit Keenam  > Nabi Musa AS
    Langit Ketujuh  > Nabi Ibrahim AS
    Terus ke Sidratul Muntaha (Pohon bidara sebagai tempat terakhir/paling ujung yang bisa ditempuh Nabi SAW) menghadap Allah SWT menerima perintah Allah SWT awalnya 50 kali, atas saran Nabi Musa AS akhirnya menjadi shalat wajib 5 waktu sehari semalam.
Fungsi Sholat: Kitaaban Mauquuta, Furqaana, Amal Pertama yang dihisab, Mencegah Perbuatan Keci & Mungkar).
5. Inspirasi ilmu pengetahuan modern > QS. Ar-Rahman ayat 33
Wallahu A'lam




Tidak ada komentar: