Kamis, 07 April 2016

Pelatihan Kewarisan dalam Islam

Padang Panjang, (Inmas)-Matahari tersenyum di langit Kota Padang Panjang mengiringi pembukaan pelatihan kewarisan dalam Islam bagi ASN Kota Padang Panjang. Pembukaan diawali dengan pembacaan kalam Illahi oleh Ernawati,S.Pd. Dilanjutkan dengan laporan ketua Panitia, Wahyu Salim,S.Ag selaku Penyelenggara Syariah Kemenag Kota Padang Panjang.
Pelaksanaan Kewarisan Dalam Islam Bagi ASN sangatlah penting, maksud dan tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan pemahaman ASN tentang kewarisan, Melahirkan tenaga ahli dalam penghitungan harta warisan dan meningkatkan kesadaran dan keteladan di kalangan ASN dalam membagi harta warisan sesuai syariat Islam sehingga ASN dapat menjadi pelopor dan motivator di tengah masyarakat khususnya di Minangkabau. Sebagai tindak lanjut evaluasi kegiatan tahun lalu yang menghadirkan ninik mamak, cadiak pandai yang melahirkan rekomendasi  agar tahun 2016 dapat dilaksanakan bagi ASN.
Adapun Narasumber pelatihan Kewarisan terdiri dari Kepala Kankemenag Kota Padang Panjang, dan Hakim Pengadilan Agama Kota Padang Panjang.
Peserta pelatihan adalah ASN di Lingkungan Kemenag Kota Padang Panjang dan ASN Pemko Kota Padang Panjang berjumlah 25 orang dilaksanakan di Aula STAI Imam Bonjol Padang Panjang. Pelatihan dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang Panjang Drs. H. Alizar, M.Ag, dalam sambutannya ia menyampaikan bahwa kajian ini sangat urgen, apalagi sebagai ASN dalam melayani masyarakat.
Kankemenag mengapresiasi atas pelaksanaan kegiatan penting ini. Kepada semua peserta harapan kankemenag agar dengan pelatihan kewarisan kita tingkatkan keteladanan ASN untuk menjadi pelopor dan motivator pembagian warisan menurut syariat Islam.
Secara umum, ajaran Islam mengkaji hubungan manusia dengan Allah SWT dan hubungan manusia dengan manusia. Dalam kultur kehidupan menambah, mengurang hal yang biasa, tetapi ketika membagi cenderung sulit. Dalan tuntunan Islam, dijelaskan secara detail mengenai kewarisan dalam Islam sambil menguti firman Allah SWT surat An-Nisa' ayat 11-12..
Tujuan pelatihan ASN melibatkan ASN Kemenag dan ASN Kesra Kota Padang Panjang, tujuan agar kita mampu memberikan pemahaman dan menjawab permasalahan-permasalahan kewarisan di masyarakat dan untuk diri pribadi dan keluarga khususnya.(emie)|DW. Editor

Tidak ada komentar: